PROMOSI P ENJUALAN
MELALUI IKLAN
Perusahaan melakukan
kegiatan pengiklanan untuk mencapai
salah satu atau gabungan dari ttiga tujuan yang dinyatakan dibawah ini :
1. Untuk memberikan informasi
mengenai produk iklan seperti ini dilakukan untuk memberikan penerngan
kepada
konsumen tentang suatu produk. Iklan itu mungkin untuk barang yang telah
lama
ada, atau barang yang baru saja dikembangkan. Iklan seperti ini
dinamakan iklan
member penerangan atau information advertising.
2. Untuk menekankan kualitas
suatu produk secara persuadif iklan seperti ini dilakukan untuk
menerangkan
kepada konsumen akankualitas yang sangat baik dari sebuah produk.
Beberapa
brntuk iklan bertujuan untuk terus menerus mmengingatkan para konsumen
bahwa
barang ada dipasar. Iklan seperti ini dinamakan iklan untuk bersaing
atau
competitive adversting.
3. Untuk memelihara hubungan
baik dengan oara konsumen. Iklan tersebut lebih memperkenalkan
perusahaan
tersebut mengenai kegiatan kegiatan yang dilakukannya untuk menghindari
larangan pengiklanan yang dilakukannya. Iklan mengenai hasilnya tidak
begitu
ditekankan iklan ini juga dilakukan untuk mengindari larangan
penigklanan yang
dilakukan pemerintah (misalnya iklan rokok).
KEBAIKAN DAN KEBURUKAN DALAM
PENGIKLANAN
Segolongan orang
berkeyakinan bahwa iklan merupakan
suatu
penghamburan karena boayai produksi bertmabah tinggi sedangkan konsumen
tidak
menerima kenikmatan tambahan dari barang yang di promosikan melalui
kegiatan
pengiklanan. Pengiklanan tidak menambah dan memperbaiki mutu suatu
barang .
segolongan lain berpendapat bahwa iklan memberikan sumbangan yang
positif
kepada masyarakat karena ia dapat menurunkan
biaya produkdi per unit.
0 komentar:
Posting Komentar