Tugas softskill IBD BAB 9

MANUSIA DAN HARAPAN


1. PENGERTIAN HARAPAN
Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh-sungguh. Manusia wajib selalu berdoa. Karena usaha dan doa merupakan sarana terkabulnya harapan. Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan-pesan kepada ahli warisnya.
Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi; sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.

Study Kasus :
  • Ria seorang mahasiswi Sistem Informasi Gunadarma, ia rajin belajar dengan harapan didalam ujian semester mendapatkan angka yang baik
  • Vita seorang wiraswasta yang rajin. Sejak mulai menggarap usahanya ia mempunyai harapan usahanya menjadi besar dan maju. Ia yakin usahanya menjadi kenyataan, karena itu berusaha bersungguh-sungguh dengan usahanya.
opini :
Dari contoh tersebut kita menyadari, bahwa harapan adalah suatu wujud keinginan dari dalam hati dimana, seseorang akan berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan harapannya tersebut. begitu pula ketika kita meminta pengharapan kepada Tuhan, pasti kita akan berdoa supaya apa yang kita inginkan dan kita harapkan bisa diwujudkan oleh Tuhan YME.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Blog Ini